Air Terjun Seribu Batu (Gedangan)


Air Terjun Seribu Batu terletak di bagian hulu dari sungai Oya kawasan Giriloyo di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini juga biasa disebut masyarakat sekitar dengan nama air terjun gedangan.

Air Terjun Seribu Batu memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan muara di bawahnyasedalam kurang lebih satu meter. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Seribu Batu karena lokasi sekitar air terjun dikelilingi oleh bebatuan yang berasal dari gunung api tua Ngelanggran. Air Terjun Seribu Batu memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya. Air yang mengalir dari ai terjun ini dipercaya memiliki banyak manfaat terutama untuk awet muda dan mempererat hubungan suami-istri.

Untuk menuju air terjun ini dapat ditempuh hanya kira-kira 30 menit dengan berjalan kaki dari pemukiman warga.Ada dua pilihan untuk menuju kesana, pertama melalui salah satu dusun di Kelurahan Wukirsari dengan lewat jalan aspal atau kedua melalui jalan tanah yang masih alami. Bila melalui jalur jalan tanah membutuhkan waktu kira-kira 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km dengan lebar jalan 30-50 cm. Kondisi jalan tanah yang dilalui cukup terjal dan bila hujan akan menjadi becek penuh lumpur.

Sebenarnya ada air terjun lainnya, yakni Grejeng, Kedung Progo, Kedung Blimbing dan Kedung Grojog namun Air Terjun Seribu Batu (Gedangan) yang paling kerap dikunjungi orang.

SHARE TWEET

Sudahkah Anda Membaca Artikel Dibawah Ini?

Bagi pembaca yang memiliki berita, cerita, opini serta informasi menarik lainnya dan ingin dimuat di situs ini dapat mengirimkannya dalam format .doc/.docx/.pdf melalui form yang ada disini. join juga forumnya disini.
Terbuka kesempatan bagi rekan-rekan blogger yang ingin menjadi penulis di www.bantulonline.com dapat menghubungi admin melalui menu hubungi kami

2 comments

  1. Anonim berkata:

    kalo masih harus jalan kaki sekitar 30 menit, orang2 sekarang pasti dah males duluan, coba kalo akses jalan diperbaiki, ato ada penyewaan sepeda atau kuda untuk sampe ke objek wisata pasti akan menambah keistimewaan dari objek wisata...

  2. seno berkata:

    iya ya bener.. tar q bs ikutan naik kudanya.. :P tambah mahal dong

Komentar Pembaca

Pesan Pemerintah : Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Ya... ( ^_^ )

Copyright 2011 Bantul Online All rights reserved Powered by BB Plus V.21