Gagal Jadi Pengganti Bandara Adisucipto, Bantul Akan Garap Bandara di Pantai Depok

ilustrasi pesawat
 
Pemkab Bantul Bakal Bangun Bandara di Pantai Depok

Gagal sebagai tempat pembangunan bandara baru pengganti Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, maka Pemkab Bantul bakal membangun bandara dengan landasan yang panjangnya sekitar 800 meter di kawasan Pantai Depok, Kabupaten Bantul.

Pembangunan bandara itu, menindaklanjuti atau meneruskan landasan pacu yang sudah ada sekarang ini. Di mana landasan pacu yang ada sekarang ini, hanya memiliki panjang sekitar 400 meter yang biasa digunakan sebagai ajang Jogja Air Show.

"Pembangunan landasan pacu ini, akan kita lakukan bersama Pemda DIY," kata Bupati Bantul, Sri Surya Widati disela-sela kegiatan bersih-bersih di Pantai Baru, Kabupaten Bantul, Selasa (19/2).

Menurut Bu Ida, panggilan akrab Bupati Bantul, Sri Surya Widati, pembangunan landasan bandara sepanjang 800 meter merupakan perpanjangan dari landasan yang ada sepanjang 400 meter di Pantai Depok.

"Dengan penambahan panjang landasan mencapai 800 meter, maka landasan itu bisa digunakan untuk landing atau take off pesawat berbadan kecil seperti Cesna," ujar Bu Ida.

Menurut dia, untuk saat ini panjang landasan baru sekitar 400 meter sehingga baru bisa digunakan sebagai landasan para layang atau ultralight maupun mikrolight seperti saat berlangsungnya acara Jogja Air Show 2013 lalu.

"Memang untuk membangun landasan 400 meter panjangnya butuh biaya yang tidak sedikit dan kemungkinan anggaran pembangunan bisa dilakukan sharing antara Pemkab Bantul dan Pemerintah Provinsi DIY," katanya.

Lebih lanjut Ida menyatakan, pihak belum dapat memastikan apakah pembangunan landasan pesawat sepenjang 400 meter akan selesai tahun ini atau baru akan dimulai pada 2014 mendatang karena perlu pertimbangan Gubernur DIY.

Tapi yang jelas, kata dia, Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengku Buwono X) sudah memberikan sinyal yang positif karena ini nantinya juga akan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Selatan khususnya Pantai Parangtritis maupun Pantai Depok.

SHARE TWEET

Sudahkah Anda Membaca Artikel Dibawah Ini?

Bagi pembaca yang memiliki berita, cerita, opini serta informasi menarik lainnya dan ingin dimuat di situs ini dapat mengirimkannya dalam format .doc/.docx/.pdf melalui form yang ada disini. join juga forumnya disini.
Terbuka kesempatan bagi rekan-rekan blogger yang ingin menjadi penulis di www.bantulonline.com dapat menghubungi admin melalui menu hubungi kami

0 comments

Komentar Pembaca

Pesan Pemerintah : Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Ya... ( ^_^ )

Copyright 2011 Bantul Online All rights reserved Powered by BB Plus V.21